Fakta unik tentang Indonesia

Fakta unik tentang Indonesia



1. Proklamator Kemerdekaan
Kebanyakan orang kelihatannya tahu bahwa Soekarno serta Hatta yaitu yang memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Tetapi hingga tulisan ini di buat, tak ada nama jalan “Soekarno-Hatta” di Jakarta, kota tempat dibacakannya proklamasi. Nama mereka juga baru diabadikan jadi nama bandara 40 th. sesudah Indonesia merdeka. Lebih parahnya lagi, pemerintah baru dengan cara resmi menyematkan gelar “proklamator” pada mereka pada th. 1986, atau 16 th. sesudah Soekarno meninggal dunia.

2. Ibu Kota
Belum ada negara didunia yang bertukar ibu kota sepanjang empat kali dalam kurun saat relatif singkat terkecuali Indonesia, yaitu Jakarta (1945-1946), Yogyakarta (1946-1948), Bukittinggi (1948-1949), Jakarta (1950-sekarang).

3. Sepakbola
Sepakbola adalah salah satu berolahraga paling disukai di Indonesia, tetapi tim nasionalnya tak pernah menang Piala Dunia FIFA. Cuma sekali tampak pada th. 1938, itu juga bukanlah membawa bendera Indonesia, tetapi Hindia Belanda. Walau Indonesia mempunyai jumlah masyarakat paling banyak ke-4 didunia serta Brazil di peringkat ke-5, tetapi prestasi sepakbola ke-2 negara itu tidak sama jauh.

4. Hutan
Indonesia populer dengan keanekaragaman hayatinya yang luas. Rimba Indonesia yang luasnya meraih 138 juta hektar adalah tempat hidup untuk 11% spesies tumbuhan dunia, 10% spesies mamalia dunia, serta 16% spesies burung dunia. Walau sekian, Guinness World Records pada th. 2008 menyematkan rekor pada Indonesia juga sebagai negara yang paling kencang laju rusaknya hutannya didunia, yaitu kehilangan 1, 8 juta hektar rimba tiap-tiap th..

5. Pulau
Dengan 17. 508 pulau, Indonesia yaitu negara kepulauan paling besar didunia. Di sinilah 3 dari 6 pulau paling besar didunia ada : Kalimantan, Sumatera, serta Papua. Tetapi janganlah heran bahwa hampir 60% penduduknya tinggal di Pulau Jawa, walau sebenarnya luasnya cuma 7% dari semua lokasi Indonesia. Uniknya lagi, ada 4 pulau yang kedaulatannya dikuasai berbarengan dengan pemerintah negara tetangga. Pulau Kalimantan dengan cara administratif dikuasai tiga pemerintahan yakni Indonesia, Malaysia, serta Brunei Darussalam. Pulau Papua dikuasai Indonesia serta Papua Nugini. Pulau Timor dikuasai Indonesia serta Timor Leste, serta yang paling akhir Pulau Sebatik dikuasai Indonesia serta Malaysia.

6. Angka
Penyebutan angka 1-9 dalam huruf Bhs Indonesia memiliki kandungan misteri. Bila kita menjumlahkan dua angka yang huruf permulaannya sama, jadi akhirnya senantiasa sepuluh.
Bermulaan S - Satu + Sembilan = Sepuluh
Bermulaan D - Dua + Delapan = Sepuluh
Bermulaan T - Tiga + Tujuh = Sepuluh
Bermulaan E - Empat + Enam = Sepuluh
Bahkan juga Lima + Lima = Sepuluh

7. Latah
Latah adalah penyakit syaraf yang gejalanya nampak saat dikageti, atau tanpa ada sadar sukai mengulangi pengucapan atau gerakan orang lain. Terkecuali di Indonesia, penyakit ini cuma diketemukan pada suku Ainu di Jepang, orang-orang gurun pasir di Gobi, serta suatu suku di Perancis. Di Indonesia sendiri, awalannya penyakit ini cuma didapati pada suku-suku di Pulau Jawa, Sumatera, serta pedalaman Kalimantan. Tetapi uniknya, makin lama latah di Indonesia dikira keren serta jadi tren, terlebih di kelompok selebriti. Beberapa golongan selebriti memakai latah juga sebagai modal ketenaran atau ciri khas sebagai entertainer.

8. Tanggal 17 Agustus
Apabila 17 Agustus jadi tanggal kelahiran Indonesia, malah tanggal itu jadi tanggal kematian untuk pencetus pilar Indonesia. Pada tanggal itu, pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, WR Soepratman (meninggal dunia 1937) serta pencetus pengetahuan bhs Indonesia, Herman Neubronner van der Tuuk (meninggal dunia 1894) wafat dunia.

9. Menteri Orang Indonesia Asli
Sesudah merdeka 43 th., Indonesia baru mempunyai seseorang menteri pertama yang betul-betul “orang Indonesia asli”. Hal semacam itu lantaran seluruhnya menteri pada awal mulanya lahir saat sebelum Indonesia merdeka (17 Agustus 1945). Itu bermakna, mereka pernah jadi warga Hindia Belanda serta atau pendudukan Jepang, karena negara hukum Republik Indonesia memanglah belum ada waktu itu. “Orang Indonesia asli” pertama sebagai menteri yaitu Ir. Akbar Tanjung (lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 30 Agustus 1945), juga sebagai Menteri Negara Pemuda serta Berolahraga pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993).

10. Ramah
Terkecuali lantaran keindahan alamnya, banyak wisatawan mancanegara memberikan pujian pada keramahan orang Indonesia. Berdasar pada survey The Smiling Report 2009, Indonesia yaitu negara paling murah senyum didunia. Indonesia, berbarengan Hongkong, juga dinobatkan juga sebagai negara yang paling baik dalam mengatakan salam. Tetapi hal semacam ini tak diikuti dengan pengelolaan yang baik pada indutri pariwisatanya. Buruknya birokrasi serta tingginya tingkat korupsi juga sangatlah menakutkan untuk beberapa investor untuk melakukan bisnis di negara paling murah senyum ini.

11. Pusat Perbelanjaan
Jakarta juga sebagai ibu kota Indonesia mempunyai tata ruangan yang sangatlah sangat berantakan. Di kota ini berdiri 130 pusat perbelanjaan, paling banyak diantara kota-kota besar yang lain di semua dunia. Banyak lokasi di Jakarta yang semula direncanakan untuk lokasi tempat tinggal, konservasi, bahkan juga resapan air tetapi dirubah jadi pusat perbelanjaan.

12. Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)
Hingga tulisan ini di buat, Indonesia adalah hanya satu negara yang pernah keluar dari PBB. Berhimpun pertama kali th. 1950 juga sebagai anggota ke-60 PBB, lalu Indonesia menarik keanggotaannya pada th. 1965. Soekarno, presiden Indonesia waktu itu sangatlah geram dengan ketentuan PBB mengaku kedaulatan Malaysia serta jadikan Malaysia anggota tak terus Dewan Keamanan PBB. Lantas lalu Soekarno membangun Conefo (Konferensi Negara-Negara Kemampuan Baru) juga sebagai tandingan PBB. Saat sebelum keluar dari PBB, Soekarno pernah mengemukakan pidato dengan berapi-api di Sidang Umum PBB yang berisi meminta supaya tubuh dunia itu dipindahkan markas besarnya ke luar Amerika Serikat. Tidak cuma pidatonya saja yang sukses memperoleh berulang-kali tepukan tangan, tetapi Soekarno juga berhasil mengadakan Ganefo (tandingan Olimpiade versus Conefo) yang diikuti 2. 250 atlet dari 48 negara di Asia, Afrika, Eropa serta Amerika Selatan, dan diliput seputar 500 wartawan asing. Saat-saat tersebut paling akhir kali Indonesia mempunyai pemimpin superpower serta jadi salah satu negara yang paling disegani di semua dunia.

13. Hewan
Indonesia mempunyai kekayaan fauna yang mengagumkan. Hewan purba yang masih tetap hidup di Indonesia yaitu komodo, kadal paling besar didunia dengan berat 90kg serta panjang 3 mtr.. Ada juga ikan paling kecil didunia sebesar nyamuk yang diketemukan di Sumatera. Di Sulawesi masih tetap hidup primata paling kecil didunia yang serupa monyet yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau dimaksud juga Tarsier Gunung yang panjangnya cuma 10 cm. Di pulau yang sama diketemukan juga ular terpanjang didunia selama 10 mtr. yakni Python Reticulates.

14. Suku & Bahasa
Indonesia adalah negara yang mempunyai suku bangsa paling banyak didunia, dengan kian lebih 740 suku bangsa/etnis, oleh karena itu tak heran bahwa Indonesia juga adalah negara dengan bhs daerah yang paling banyak, yaitu 583 bhs serta dialek. Sadar bahwa bentrokan antar etnis sangatlah punya potensi berlangsung, jadi pendiri Republik ini menyetujui semboyan bangsa “Bhinneka Tunggal Ika” (yang berarti “Berbeda-beda namun terus satu juga”).

wdcfawqafwef