Pasar burung Koplak Kebumen

Pasar burung Koplak Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Kondisi sentra perdagangan barang bekas Kebumen atau Pasar Koplak Dokar di Jalan Kusuma Kebumen kini makin tak nyaman. Para pedagang dan konsumennya mengeluk karena kondisi pasar sudah tak layak lagi digunakan sebagai tempat transaksi. Harus ada renovasi untuk mengoreksi kondisi tak layaknya itu. Selain sebagian bangunan rusak parah, kios-kios dan lorong-lorongnya pun terlalu sempit, khususnya saat ramai di hari-hari 'pasaran' yaitu hari Rabu dan Minggu.



"Pasar ini kini kian banyak peminatnya karena barang bekas maupun baru harganya benar-benar miring. Bila hari pasaran tiba pembeli benar-benar tumpah ruah. Karena itu, pedagang pun seperti berlomba-lomba menyediakan barang yang melimpah sampai luber di luar kios. Kondisi pasar yang penuh sesak itu menjadikan transaksi menjadi tak sehat lagi," keluh Untung (40),
salah satu pedagang onderdil elektronik, sepeda dan sepeda motor, Jum'at (29/03/2013).

Untung menggambarkan, tingginya minat masyarakat membeli barang di pasar ini terlihat saat ada kiriman aneka onderdil bekas yang baru saja tiba. Saat itu 'heboh', karena pembeli langsung menyerbu dan berebut barang-barang itu. Dalam suasana kacau begitu pedagang pun harus ekstra waspada agar tak sampai kehilangan barang.

"Dalam kondisi kacau itu, maka lorong-lorong sempit di sini sudah tak cocok lagi untuk kenyamanan berjualan kami. Begitupun kiosnya yang sempit hanya 2 meter x 1 meter atau 3 meter x 1 meter saja. Selain rawan untuk keamanan barang, juga bisa memicu konflik antar pedagang," ujar Ruslan (50), pedagang onderdil sepeda dan sepeda motor. (Dwi/krjogja.com)

https://plus.google.com/109683494221443527792/posts/axu95bH576s

wdcfawqafwef